Unggul Dengan Warnanya Sendiri

Oleh : E.E.D.S

Bukanlah hal yang mudah untuk mendirikan satu program studi baru. Program studi ini harus memiliki ciri khas yang membedakannya dengan program studi sejenis di perguruan tinggi lainnya. Begitu pula dengan kami, Teknik Perminyakan Universitas Jember. Berbeda dengan ITB yang mengembangkan diri ke arah EOR, ciri khas Teknik Perminyakan Universitas Jember adalah “unggul di bidang unconventional reservoir dan geothermal”.

Pada Senin, 16 September 2019, telah diadakan FGD bersama dengan salah satu guru besar ITB, Prof. Dr. Ir. Sudjati Rachmat, DEA,IPU. Beliau telah mengajar di Teknik Perminyakan ITB selama 41 tahun. Pengalaman beliau dan pembawaan yang ramah membangkitkan semangat dan memberikan pandangan bagi Teknik Perminyakan ke depannya.

Dalam kesempatan ini, beliau memberikan beberapa masukan terutama pada kurikulum sehingga Teknik Perminyakan Universitas Jember dapat bersaing dengan warnanya tersendiri. Mulai dari menambahkan mata kuliah wajib unconventional reservoir sampai mewajibkan setiap mata kuliah mengandung unsur unconvensional. Tidak lupa beberapa hal penting penilaian ABET (salah satu akreditasi internasional), juga disisipkan ke dalam kurikulum untuk mempersiapkan diri bagi harapan akreditasi internasional.

Kerjasama di bidang riset pun tidak luput dari pembahasan kami. Sungguh kesempatan yang luar biasa karena Abah (sapaan akrab beliau) menawarkan mengadakan kolaboratif riset ITB-UNEJ tentang nano partikel dalam bidang EOR.

Sukses untuk Teknik Perminyakan Universitas Jember!