Webinar : Pengeboran dan Pengolahan MIGAS

Pada tanggal 08 Agustus 2020 yang lalu, Program Studi Teknik Perminyakan Fakultas Teknik Universitas Jember menyelenggarakan Kuliah Tamu Daring / Webinar dengan mendatangkan narasumber dari luar kampus. Narasumber tersebut adalah Yohanes Wibisana (process engineer di PT. Pertamina) dan Victoria Wedhaswari (in-house engineer di Schlumberger). Tema dari Webinar kali ini adalah tentang Lifting dan Pengolahan MIGAS. Acara Webinar ini diawali dengan mendengarkan lagu Indoensia Raya yang selanjutnya acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. Berikutnya acara inti dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diberikan kesempatan kepada bapak Yohanes Wibisana untuk menyampaikan materinya dalam waktu kurang lebih 45 menit. Materi yang beliau sampaikan adalah tentang pengolahan minyak dan gas bumi. Selanjutnya sesi kedua waktu diberikan kepada ibu Victoria Wedhaswari untuk mempresentasikan materinya terkait dengan drilling / pengeboran minyak dan gas bumi selama 45 menit. Selama kurang lebih 30 menit diadakan sesi diskusi / tanya jawab. Para peserta Webinar dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Kedua materi ini sangatlah menarik, sehingga tidak sedikit para peserta yang mengajukan pertanyaan. Bahkan tidak semua pertanyaan bisa terjawab oleh narasumber karena keterbatasan waktu.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui teleconference menggunakan aplikasi Zoom. Sebelumnya para peserta telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Webinar ini melalui link formulir pendaftaran yang telah dibagikan. Selanjutnya pada sehari sebelum pelaksanaan Webinar, para peserta mendapatkan notifikasi email dari panitia yang berisi link media Zoom. Selain itu, bagi peserta yang tidak bisa masuk di media Zoom, mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti Webinar melalui streaming online di akun Youtube Teknik Perminyakan UNEJ. Para peserta tersebut juga bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar.

Webinar ini dihadiri lebih dari 230 orang yang join di media Zoom dan 50 lebih orang di media Youtube. Peserta yang terdaftar berasal dari berbagai Universitas/Institut/Politeknik maupun Sekolah Tinggi di Indonesia. Selain itu ada sebagian peserta yang berasal dari Institusi seperti perusahaan migas maupun badan layanan dibawah Kementerian ESDM. Para peserta juga memberikan respon yang positif terhadap pelaksanan Webinar ini.

Ini adalah kali pertama Webinar yang digelar oleh Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember di era New Normal. Beberapa bulan kedepan kami juga akan menggelar kegiatan-kegiatan yang serupa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya dan agar Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember bisa lebih dikenal oleh institusi lain. Acara semacam ini dirasa perlu apalagi di era pandemi seperti saat ini yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh untuk civitas akademika di Perguruan Tinggi sehingga bisa tetap menciptakan suasana akademik yang kondusif. Sampai jumpa di Webinar berikutnya yang lebih menarik lagi.

link rekaman webinar : https://www.youtube.com/watch?v=sEYfHQmQVFM