Motivation Talk – Kunci sukses hadapi tantangan dan peluang industri migas Indonesia

Oleh : F.S

Kegiatan kuliah tamu dengan tema “Motivation Talk: Challenges and Future Opportunities of Oil and Gas Industry” yang dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2019 bertempat di Aula Rektorat Lt. 2 Universitas Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan sarana diskusi mahasiswa mengenai tantangan dan peluang masa depan industri migas langsung dari praktisi industri yang berpengalaman. Sebagai narasumber, bapak Wahju Wibowo selaku Kepala Divisi Perencanaan Eksploitasi SKK Migas memberikan gambaran kondisi industri migas Indonesia saat ini serta tantangan dan peluang di masa depan. Tantangan terbesar kita adalah bagaimana caranya untuk menurunkan gap antara produksi migas dan konsumsi migas Indonesia. Pada saat ini produksi migas Indonesia hanya sekitar 750 ribu bpod sedangkan konsumsi migas Indonesia sekitar 2 juta bpod. Namun, dengan tantangan tersebut muncul peluang bagi generasi muda untuk mengembangkan ilmu dan teknologi sehingga diharapkan nanti akan muncul ide-ide brilian yang dapat meningkatkan produksi migas kita serta menurunkan nilai konsumi migas kita juga.

Selain berbicara mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan industri migas, bapak Wahju Wibowo juga menceritakan sedikit perjuangan beliau pada saat menjadi mahasiswa hingga terjun ke dunia industri migas. Beliau merupakan putra daerah asli Jember yang memutuskan untuk berkuliah di Teknik Perminyakan ITB pada tahun 1990 dan setelah lulus bekerja sebagai praktisi industri selama 24 tahun dan kemudian mengabdikan dirinya di SKK Migas 2 tahun terakhir. Menurut beliau, generasi muda saat ini memiliki starting point yang lebih ideal daripada zamannya bersekolah dulu, karena fasilitas dan banyak hal bisa diakses dengan mudah. Selanjutnya, generasi muda saat ini juga dibekali dengan bahan belajar yang lengkap. Sehingga seharusnya tidak ada alasan mahasiwa untuk malas kuliah dan terus belajar.

Ketekunan dan disiplin merupakan kunci dari menggapai kesuksesan. Kita harus berjuang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun, kita harus memilih perjuangan mana yang kita prioritaskan karena tidak semua hal bisa kita perjuangkan. Selain itu, kita tidak boleh menyerah hanya pada satu kali mencoba sebuah perjuangan. Hal itulah yang ditekankan oleh bapak Wahju Wibowo terkait karakter yang harus dibawa oleh mahasiswa Teknik Perminyakan Unej. Fokus pada niat dan cita-cita. Hal yang juga tak kalah penting adalah doa dan bakti pada orang tua. Mungkin hal-hal tersebut yang dapat mengantarkan mahasiswa Teknik Perminyakan Unej untuk sanggup menghadapi tantangan industri migas di Indonesia.