PETRO-TALK 2020. Ajang Mahasiswa Baru Angkatan 2020 Mengenal Lebih Jauh Teknik Perminyakan UNEJ.

Oleh : W.R

Pada awal bulan September ini, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember telah menerima sebanyak 55 mahasiswa baru angkatan 2020. Mereka adalah peserta seleksi SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR dan UM-UNEJ yang telah dinyatakan diterima dan menjadi mahasiswa baru di Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember dengan tingkat keketatan yang cukup tinggi. Selama satu minggu mulai tanggal 14 September 2020, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dimulai. PKKMB ini merupakan wahana bagi para pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan  yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi. Pada tahun ini rangkaian kegiatan PKKMB dilakukan secara daring.

Disela-sela kegiatan tersebut, tepatnya pada tanggal 15 September 2020 diselenggarakan acara PETRO-TALK 2020 melalui video conference Zoom. Acara ini adalah agenda rutin setiap awal semester yang dilakukan oleh Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Peserta dari acara ini adalah seluruh civitas akademika Prodi Teknik Perminyakan yang terdiri dari seluruh mahasiswa (angkatan 2019 dan angkatan 2020) dan dosen. Acara ini merupakan wadah bagi Prodi untuk mempererat rasa kekeluargaan di lingkungan Prodi Teknik Perminyakan. Melalui acara ini, mahasiswa baru khususnya bisa mengenal kakak-kakak tingkatnya dan para dosennya. Apalagi di semester ini belum ada agenda tatap muka secara langsung.

Acara dibuka oleh Koordinator Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember Dr. Agus Triono, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebaran mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember tidak hanya dari wilayah Jawa Timur saja namun beberapa juga berasal dari luar Pulau Jawa. Ini artinya walaupun masih terbilang baru berdiri, Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember sudah dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember adalah satu-satunya Prodi Sarjana Teknik Perminyakan di wilayah Jawa Timur.

Di dalam acara ini juga disampaikan kurikulum / mata kuliah yang ditawarkan yang bisa diambil oleh mahasiswa selama mereka menimba ilmu di Universitas Jember. Kurikulum ini disusun berdasarkan masukan dari para stakeholder dan akademisi. Beberapa mata kuliah khas prodi yang ditawarkan yaitu mata kuliah tentang reservoir non-konvensional dan panas bumi. Hal ini sejalan dengan Visi Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember yaitu menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan teknologi migas non-konvensional dan panas bumi yang berwawasan lingkungan.

Sebagai reward untuk mahasiswa, Prodi Teknik Perminyakan memberikan kuota internet bagi 3 terbaik peraih IP semester tertinggi yang diumumkan dalam acara ini juga. Kedepannya Prodi Teknik Perminyakan berusaha untuk bisa menjadikan pemberian reward ini sebagai agenda rutin yang ada di acara PETRO-TALK untuk memicu semangat belajar para mahasiswa.