Oleh: F.I

Wuluhan (16/12/2019) Petro News – Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember mengadakan kunjungan ke SMP Negeri 1 Wuluhan, Jember. kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengabdian pada masyarakat dengan melibatkan dosen beserta mahasiswa Teknik Perminyakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan fisika dalam dunia migas serta pengenalan geologi kepada siswa-siswi SMP. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi SMP mengenai Pendidikan tingkat lanjut. Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh kelas 9 SMP Negeri 1 Wuluhan. Kegiatan dimulai dari jam 09.00 pagi hingga jam 12.00 siang. Adapun dosen yang ikut serta dalam kegiatan pengabdian ini adalah Bapak Hadziqul Abror, yang memaparkan materi dengan tema “Pengenalan Aplikasi Ilmu Fisika sebagai Dasar Pengembangan Teknologi di Industri Migas”, serta Bapak Firman Sauqi Nur Salsabil yang memaparkan materi dengan tema “Pengenalan Geologi dan Konservasi Alam Gunung Api Purba Manggar dan Komplek Karst Gunung Watangan”. Kelas dibagi menjadi 2, dimana masing-masing kelas mendapat materi yang berbeda.
Bertempat di Ruang Lab IPA bagian Utara dan Ruang Lab IPA bagian Selatan, kegiatan diisi dengan game maupun praktikum sederhana setelah pemaparan materi. Pada Ruang Lab IPA bagian Utara, materi yang disampaikan adalah pengenalan geologi oleh Firman Sauqi Nur Salsabil. Firman menjelaskan mengenai jenis batuan dan bagaimana proses terbentuknya gunung. Pemateri juga mengadakan game edukatif, yakni game kahoot yang berisi pertanyaan edukatif. Hal ini dilakukan agar siswa-siswi SMP dapat belajar sekaligus bermain.

Sedangkan di Ruangan lain, Pak Abror memaparkan materi tentang penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari serta pengenalan Industri Migas secara umum. Pemaparan materi diawali dengan pengenalan produk-produk hasil minyak bumi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah materi selesai disampaikan, para siswa diajak untuk melakukan praktikum sederhana. Praktikum yang dilakukan adalah penerapan Hukum Archimedes, yakni pengaruh massa jenis terhadap posisi telur di dalam fluida. Lalu praktikum berikutnya adalah campuran air dan minyak, serta pengenalan alat ukur. Namun, sebelum penyampaian materi oleh Bapak Abror, siswa-siswi SMP juga diberikan arahan dan pandangan oleh Bapak Mahros, Ph.D mengenai Pendidikan menengah atas yang akan mereka pilih, apakah SMA ataupun SMK. Pak Mahros juga menjelakan bagaimana kehidupan di dunia migas itu sendiri.Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Sekolah, guru, maupun staff sekolah. Karena selain menyampaikan materi mengenai industri migas, dalam kegiatan ini juga disampaikan mengenai Pendidikan tingkat lanjut yang akan mereka pilih serta memberikan gambaran tentang kehidupan di dunia kerja. Kegiatan ini juga diikuti dengan penuh antusias oleh para siswa SMP Negeri 1 Wuluhan. Dari kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mengenalkan bagaimana industri migas serta mengetahui potensi yang ada di wilayah mereka yang kemudian dapat dimanfaatkan secara baik dengan inovasi dan teknologi yang ada.

Salam perminyakan!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *