Sekilas E-Learning

Sistem Informasi FT UNEJ dalam pengembanganya lebih fokus pada peningkatan kecepatan layanan administrasi akademik serta peningkatan fungsi-fungsi sistem informasi akademik yang meliputi KRS, KHS, transkrip akademik, informasi nilai, informasi IPK, rekapitulasi IPK, pencarian identitas mahasiswa, status mahasiswa, keuangan registrasi pembayaran, wisuda, dan pendaftaran calon mahasiswa online. Berdasarkan tim sistem informasi FT UNEJĀ  total bandwith untuk internet yang digunakan sebesar 1024 Mb dibagi masing-masing untuk upload sebesar 5,37 Mbps dan download sebesar 1,2 Mbps. Rata-rata penggunaan bandwith tiap user di FT UNEJ sebesar 153,59 Kbyte. Sistem informasi telah dilakukan dengan hardware komputer yang terhubung dengan jaringan luas/internet, software yang berlisensi, serta basis data yang memadai. Akses terhadap data yang relevan sangat cepat dan akurat.

Sistem informasi untuk administrasi di Fakultas Teknik juga ada dalam system informasi terpadu yang terdiri terdiri dari SISTER (memuat SIAKAD, SIMFA, SIMPEG), E-Learning, SIMANGGA, SIMKEU, SIKD, FB Unej, KAWANDA dan UC3 yang terintegrasi dan terpusat pada system informasi Universitas Jember. Selain itu juga terdapat SIMAK-BMN yang terpusat pada universitas. Masing-masing sistem informasi tersebut dapat diakses dan memiliki menu sesuai dengan tugas pokoknya.

SISTER (Sistem Informasi Terpadu)

Penggunaan SISTER untuk kegiatan belajar mengajar secara online, dosen bisa memanfaatkan fitur e-learning dengan alamat web https://e-learning.unej.ac.id untuk mengunggah maupun mengunduh materi perkuliahan, tugas, kuis, nilai, serta mengetahui jadwal perkuliahan, memonitor perkembangan mahasiswa, dan lainnya. Fakultas Teknik juga menyediakan komputer berjumlah 25 buah yang diletakkan pada setiap kelas guna menunjang e-learning. SISTER yang berisikan e-learning juga dapat diakses melalui smartphone atau tablet dengan mengunduh aplikasi. Berikut adalah alamat web aplikasi yang bisa diunduh melalui alamat web :

Sister for Lecturer :

http://- https://play.google.com/store/apps/details?id=id.unej.lecturer

Sister for Student :

http://- https://play.google.com/store/apps/details?id=id.unej.student

Sister for Parents :

http://- https://play.google.com/store/apps/details?id=id.unej.parent

Moodle UNEJ :

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.unej.elearning

Mahasiswa sebagai salah satu civitas akademika UNEJ juga memiliki hak akses ke dalam SISTER. Untuk saat ini akses mahasiswa ke SISTER memiliki beberapa fungsi:

  1. Untuk melakukan pemrograman KRS (reguler dan/atau semester pendek)
  2. Proses pengajuan Penundaan SPP/UKT, Pengunduran Diri, Cuti, Perpanjangan Masa Studi, hingga pindah kuliah
  3. Melakukan pengecekan status kuliah, status pembayaran, nilai pada saat ujian tengah semester atau akhir semester, jadwal kuliah, Kuliah kerja nyata (KKN).
  4. Pemantauan hasil studi melalui grafik IP, rekap transkrip
  5. Akses e-learning, Kawanda, blog, UC3

SISTER juga terintegrasi sistem Ormawa atau SIMAWA yang ada dilingkungan Universitas Jember, sehingga memudahkan proses pengajuan dana hingga persetujuan kegiatan.

FB UNEJ (Forum Blogger Universitas Jember)

FBUNEJ atau Forum Blogger Universitas Jember merupakan fasilitas yang disediakan oleh UPT-TI Universitas Jember yang diharapkan menjadi wadah penampung kreativitas civitas academika UNEJ. FBUNEJ ini, memungkinkan blogger yang bernaung dibawah panji UNEJ dapat mengelola, menikmati dan mengetahui progress blogger lainnya melalui Page Social Network pada FBUNEJ. Page Social Network tersebut juga bisa dijadikan wadah Organisasi dengan fitur FORUM, membuat dan melihat progress blogger lain di page Directory dan sebagainya.

UC3 (University Customer Care Center)

UC3 atau University Customer Care Center merupakan sistem pelayanan pengaduan keluhan sivitas akademik di lingkungan Universitas Jember. Dimana sivitas akademik dapat membuat aduan dengan UC3 sesuai dengan topik yang ditentukan. Topik tersebut adalah tentang akademik, kemahasiswaan, SISTER, Penelitian atau pengabdian, kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, wifi dan email.

Sistem informasi di Fakultas Teknik melakukan pengembangan dengan memperluas dan memperkuat jaringan WAN sehingga seluruh stakeholder dan sivitas akademika dapat mengakses dari mana saja. Di samping itu, juga dilakukan pengembangan system informasi akademik dan administrasi untuk meningkatkan kualitas layanan informasi kepada publik. Saat ini website resmi www.unej.ac.id, mail server (tingkat universitas), e-learing server (tingkat universitas), blog, juga terus dikembangkan. Pengembangan dan implementasi infrastruktur baik secara fisik (hardware) maupun logic (software) terus dikembangkan. Secara fisik, jaringan lokal (intranet) akan segera di-upgrade ke high-end fiber optic technology, sedangkan software jaringan secara bertahap telah ditingkatkan kapasitasnya.

Fakultas dan program studi saat ini telah memiliki website yang bertujuan untuk menghimpun dan menginformasikan data kepada sivitas akademika dan masyarakat luas berisi tentang profil fakultas, fasilitas, prestasi mahasiswa, SDM dan informasi terkait dengan akademika. Pengembangan sistem informasi akan datang direncanakan untuk melakukan aplikasi secara terintegrasi (keuangan, aset, kepegawaian, korespondensi, perpustakaan, dan lain-lain) yang dapat diakses oleh publik, kapan saja, dan dimana saja. Selain itu direncanakan membangun Pusat Kegiatan Mahasiswa yang terintegrasi serta akan dilengkapi fasilitas hotspot, sehingga mempermudah mahasiswa untuk mencari informasi dan mengembangkan pengetahuannya. Fakultas Teknik juga berusaha menjalin kerja sama dengan berbagai pihak berkenaan dengan pengembangan teknologi dan sistem informasi untuk kebutuhan fakultas yang diharapkan akan terus berlanjut dan mencakup di berbagai bidang penyediaan teknologi dan sistem informasi lainnya. Rencana pengembangan sistem informasi terus dilakukan dengan memperhitungkan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan akses informasi yang cepat, serta didukung dengan pendanaan yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *