Oleh : W.R

Tahun ini adalah kali kedua penerimaan mahasiswa baru di Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Setelah tahun lalu menerima mahasiswa angkatan pertama melalui jalur nasional dan mandiri, tahun ini pun Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN) serta jalur mandiri (SBMPTBR). Beberapa bulan yang lalu kami telah menerima mahasiswa baru pada jalur SNMPTN 2020 dan di bulan Juni ini telah dibuka untuk jalur SBMPTN 2020.

Kuota calon mahasiswa yang diterima pada jalur SBMPTN ini adalah yang terbanyak disbanding kuota SNMPTN maupun mandiri. Total kuota di semua jalur masuk adalah 60. Rinciannya yaitu 21 untuk SNMPTN, 32 untuk SBMPTN dan sisanya untuk jalur mandiri. Berdasarkan data tahun lalu, jumlah peminat di jalur SBMPTN pada tahun 2019 adalah 394 dengan daya tampung hanya 22. Sehingga tingkat ketetatannya adalah sebesar 5.58 %. Hal ini menunjukkan tingkat persaingan untuk diterima di Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember melalui jalur SBMPTN ini bisa dikatakan cukup tinggi.

Pada seleksi tahun ini, jumlah total kuota ditambah sehingga menyebabkan kuota yang diterima melalui jalur SBMPTN bertambah pula. Tahun lalu (2019) kuota yang disediakan sebanyak 22, dan tahun ini (2020) mengalami penambahan menjadi 32. Hal ini mendapatkan respon yang positif dari calon mahasiswa yang daftar karena peluang mereka untuk diterima menjadi semakin besar. Namun demikian mereka masih harus berjuang mendapatkan nilai UTBK semaksimal mungkin sehingga bisa menjadi salah satu dari 32 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN 2020 ini.

Berdasarkan surat edaran dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pendaftaran UTBK dan SBMPTN sudah dimulai sejak tanggal 2 Juni 2020 yang lalu dan akan berakhir sampai tanggal 20 Juni 2020. Selanjutnya pelaksanaan UTBK dijadwalkan akan diadakan pada tanggal 5 – 12 Juli 2020 di lokasi-lokasi yang telah ditunjuk oleh LTMPT sebagai lokasi pelaksanaan tes UTBK ini. Adapun pengumuman hasil SBMPTN 2020 dijadwalkan pada tanggal 25 Juli 2020.

Nantinya bagi calon mahasiswa yang belum berhasil diterima melalui jalur SBMPTN 2020, calon mahasiswa masih memiliki satu kesempatan terakhir yaitu tes di jalur mandiri yang diadakan oleh Universitas Jember. Tes ini dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). Terkait jadwal pendaftaran diharapkan calon mahasiswa untuk sering memantau web Universitas Jember atau akun instagram Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Bagi peserta yang nantinya diterima melalui jalur SBMPTBR di Universitas Jember wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarannya ditetapkan oleh Universitas Jember. Hal ini berbeda dengan calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi nasional SNMPTN dan SBMPTN yang hanya membayar UKT saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *