Program Studi Teknik Perminyakan Fakultas Teknik Universitas Jember menyelenggarakan Webinar Series #1 dengan Tema “Mengenal Potensi Energi Panas Bumi” pada hari Sabtu (14/11/2020) bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Jember. Webinar Series ini merupakan serangkaian acara untuk memeriahkan Dies Natalis Teknik Perminyakan Universitas Jember yang pertama.

Webinar Series #1 yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom ini dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember, Dr. Bapak Agus Triono, S.T., M.T dan dimoderatori oleh Ryandra Satria Dharmawan (Mahasiswa Teknik Perminyakan) serta dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember dengan Pembicara Materi (Narasumber) Bapak Firman Sauqi Nur Sabila, S.T., M.T. selaku Dosen dan Peneliti Gunung Api Teknik Perminyakan Universitas Jember. Dan tak lupa peserta juga peserta Zoom yang berasal dari kalangan pelajar SMA sederajat maupun Mahasiswa yang berada di berbagai wilayah.

Dalam Webinar ini, Bapak Firman Sauqi Nur Sabila, S.T., M.T. menyampaikan potensi energi panas bumi di Indonesia yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan lebih lanjut. Beliau menuturkan bahwa energi panas bumi merupakan salah satu sumber energi terbarukan, di mana energi ini adalah energi bersih dan ramah lingkungan, serta tidak pernah habis jikalau digunakan terus menerus. Dan sistem energi panas bumi bekerja seperti air yang dipanaskan dalam panci dan mengeluarkan uap, dan jika air nya sudah habis maka bisa di-refill kembali. Dalam keadaan di lapangan sebenarnya, air yang terkandung dalam bumi akan dipanaskan oleh magma, kemudian menghasilkan uap dan uap ini nantinya akan dimanfaatkan untuk menggerakan turbin dan diteruskan ke generator untuk menjadi Pembangkit Listrik.

Beliau juga menyampaikan bahwa potensi energi panas bumi yang sudah dikembangkan oleh pemerintah baru sebesar 2,133 MW dan masih banyak yang belum dikembangkan. Dan karena itu, peran dari berbagai kalangan sangat diperlukan terutama peran institusi dari Pendidikan (Universitas). Di sela – sela pemaparan materi, beliau juga menyampaikan bahwa Universitas Jember merupakan salah satu universitas di Indonesia yang memiliki Program Studi Teknik Perminyakan, di mana dalam mata kuliah penjuruannya ada membahas tentang panas bumi. Dan bagi peserta webinar khususnya, pelajar SMA sederajat yang tertarik dengan panas bumi dapat menjadikan Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember sebagai pilihan terbaiknya.

Acara Webinar Series #1 ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta sesi dokumentasi, sebelum diakhiri oleh moderator. Bagi lima penanya terbaik dan tercepat akan mendapat hadiah pulsa yang akan diumumkan setelah acara webinar selesai. Sebelum diakhiri oleh moderator juga menyampaikan promosi dalam bentuk video pendek mengenai “National Poster and Essay Competition” tingkat SMA sederajat yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Teknik Perminyakan Universitas Jember selain Webinar Series yang diadakan. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *