Dalam memperingati Dies Natalis Ke-2, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember menyelenggarakan Webinar Series dengan nama DISTRO UNEJ Webinar Series 2020. Di mana pada hari Sabtu (21/11) yang bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Jember telah terselenggara DISTRO UNEJ Webinar Series #2 dengan tema “Conventional vs Unconventional Reservoirs: What are the Main Different on Petrophysical Properties?”. Webinar Series ini merupakan webinar yang kedua dalam rangkaian webinar series yang diadakan oleh Teknik Perminyakan Universitas Jember.

DISTRO UNEJ Webinar Series #2 ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember, Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. dan dipandu oleh Fifi ‘Izzati (Mahasiswa Teknik Perminyakan) selaku MC. Webinar ini juga dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember. Dan tak lupa juga peserta webinar yang berasal dari kalangan pelajar, Mahasiswa, serta Akademisi yang berada di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada DISTRO UNEJ Webinar Series #2 ini mengundang Bapak Muhammad Nur Ali Akbar, B.Sc., M.Sc. selaku pembicara dalam webinar ini dan dipandu oleh Ibu Eriska Eklezia Dwi Saputri, S.T., M.T. selaku moderator dan juga merupakan dosen pada program studi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Bapak Muhammad Nur Ali Akbar, B.Sc., M.Sc. yang biasa disapa Pak Akbar ini merupakan seorang Petroleum Engineer yang bekerja di MOL Hungary. Dalam kesempatan kali ini, Pak Akbar menyampaikan materi dengan tema “Conventional vs Unconventional Reservoirs: What are the Main Different on Petrophysical Properties?”, dimana beliau mengatakan bahwasanya Unconventional Reservoirs sedang marak diteliti dan dipergunakan dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, khususnya di beberapa negara seperti Amerika Serikat, China, Australia dan juga Hungaria tempat beliau bekerja. Sementara di Indonesia sendiri, masih dalam tahap pengembangan yang dilakukan salah satunya pada North Sumatra Basin.

Beliau juga memaparkan mengenai petroleum system yang merupakan kunci utama dalam suatu reservoir migas, di mana terdapat lima elemen penting yaitu source rock, migration, reservoir, trap, dan seal (cap rock). Dalam Unconventional Reservoirs, pemboran dilakukan secara langsung ke source rock, sementara Conventional Reservoirs, pemboran dilakukan di reservoir migasnya. Selain itu, beliau memaparkan tentang petrophysic yang sangat banyak digunakan dalam logging data pada penerapan Unconventional Reservoirs. Beliau menuturkan bahwasanya penerapan Unconventional Reservoirs merupakan salah satu cara negara Indonesia untuk memenuhi capaian produksi satu juta barel minyak per hari.

DISTRO UNEJ Webinar Series #2 ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan oleh pembicara. Dan bagi lima penanya yang beruntung akan mendapat hadiah pulsa yang diumumkan setelah acara webinar selesai. Sebelum diakhiri, dilakukan sesi dokumentasi acara dan kemudian dilanjutkan dengan menginformasikan webinar series yang selanjutnya kepada peserta. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *