Oleh : IS

Berkompetisi merupakan salah satu cara untuk mengasah skill maupun menggali pengalaman dari berbagai sisi. Adanya pandemi COVID-19 bukan menjadi penghalang bagi seorang mahasiswa dalam berkompetisi. Hal ini ditunjukkan oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember yang mengikuti kompetisi Paper Conference PYRO 2021 yang diadakan oleh IATMI SM-Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan mengusung tema “Optimalisasi Industri Energi Dalam Mewujudkan Kemandirian Energi Nasional”. Pada kompetisi tersebut, Teknik Perminyakan Universitas Jember mengirimkan dua delegasi tim, yaitu tim Geopetrotech yang beranggotakan Alfan Khoirul Umam, Irvan Saputra dan Bagus Danial Hermawan serta tim BIMOLI yang beranggotakan Nanda Wulansari, Lilo Al Fiqriansyah dan M. Farel Devara.

Pada kompetisi Paper Conference PYRO 2021 yang diadakan oleh IATMI SM-Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu tahap seleksi abstrak, tahap full paper dan terakhir tahap presentasi final. Dan tim dari Teknik Perminyakan Universitas Jember yang terdiri dari tim Geopetrotech dan tim BIMOLI berhasil maju ke tahap presentasi final dan bersaing dengan finalis lain yang berasal dari berbagai Universitas seperti Universitas Indonesia, UPN Veteran 45 Yogyakarta, Universitas Trisakti, Universita Islam Indonesia dan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Sementara itu pada kompetisi lainnya, yaitu Lomba Essay HK Expert Talk yang diadakan oleh Hutama Karya. Lomba Essay tersebut mengusung tema “Infrastruktur & Energi Bangun Negeri” yang tentunya diikuti oleh peserta dari berbagai Universitas di Indonesia. Dan dalam lomba tersebut, Putri Rizkika Ramadhanti Pedraza yang merupakan mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember berhasil meraih Juara Favorit kategori Multisektoral. Yang tentunya menjadi suatu kebanggaan untuk Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Walaupun, pada kompetisi yang lain masih belum berkesempatan menjadi juara setidaknya dengan mengikuti kompetisi, mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember sudah memberanikan diri dan menunjukkan semangat berkompetisi di sela – sela perkuliahan dan juga masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *