Oleh : IS

Bertepat pada hari Sabtu, 8 Mei 2021, IATMI SM Universitas Jember kembali menyelenggarakan webinar dengan tema “Geothermal Wellbore Simulation”. Webinar ini merupakan kolaborasi antara IATMI SM Universitas Jember bersama AILIMA dengan mendatangkan dua narasumber sekaligus, yaitu Theresia Yolanda dan Mutiara Melanie Sihombing. Webinar yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom ini, dibuka dengan mendengar kata sambutan Ketua Pelaksana Webinar, Pijar Fitrah Ababil, kemudian dilanjutkan kata sambutan Ketua Umum IATMI SM Universitas Jember, Leonardo Kurniawan Sulaksono dan terakhir kata sambutan Pembina IATMI SM Universitas Jember, Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T.

Webinar ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi pertama dan sesi pemaparan materi kedua dengan durasi materi 45 menit untuk tiap pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Theresia Yolanda yang membahas terkait perbandingan sebaran potensi energi geothermal di dunia dan juga di Indonesia. Di mana potensi geothermal, khususnya di Indonesia masih tergolong belum terlalu masif dimanfaatkan. Dan beliau juga menjelaskan challenges (tantangan) yang menjadi penghambat dalam pengembangan geothermal di Indonesia, seperti lokasi sumber energi geothermal yang berada di kawasan hutan lindung. Kemudian pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Mutiara Melanie Sihombing. Pada materi kedua ini, beliau menjelaskan terkait Wellbore Simulation dan kegunaannya seperti untuk optimasi tekanan wellhead, optimasi desain sumur dan desain surface facilities. Beliau juga menjelaskan dan mengenalkan beberapa software yang terkait dengan Wellbore Simulation, salah satunya adalah software yang sedang dikembangkan oleh AILIMA, yaitu “Jiwa Flow”.

Setelah pemaparan kedua materi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab. Para peserta webinar dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan, yang mana peserta bisa menuliskan pertanyaan di chat box Zoom yang nanti akan dibacakan oleh moderator ataupun peserta langsung open mic untuk bertanya. Setelah sesi diskusi/tanya jawab berakhir, maka berakhir pula acara webinar kolaborasi antara IATMI SM Universitas Jember dengan AILIMA. Sebelum acara webinar berakhir, tak lupa diadakan sesi dokumentasi berupa foto bersama untuk mengabadikan acara webinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *