Oleh : IS

Pada penghujung bulan Mei ini, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember menyelenggarakan acara Sharing and Discussion of Petroleum 2021 secara daring via Zoom Meeting. Acara ini merupakan suatu forum diskusi bagi civitas akademika Teknik Perminyakan UNEJ. Dimana peserta dari acara ini adalah bagi seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Perminyakan UNEJ yang terdiri dari seluruh mahasiswa (angkatan 2019 dan angkatan 2020) dan dosen Teknik Perminyakan UNEJ. Melalui acara ini, diharapkan dapat menjawab kebingungan civitas akademika Teknik Perminyakan UNEJ, khususnya mahasiswa terkait kegiatan Kerja Praktek (KP), program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan akreditas program studi.

Acara Sharing and Discussion of Petroleum 2021 diawali dengan ucapan hala bihalal dari mahasiswa Teknik Perminyakan UNEJ yang diwakili oleh MC dan kemudian disambung dengan kata sambutan oleh Nila Khoirul Tria Lestari selaku ketua pelaksana acara Sharing and Discussion of Petroleum 2021 dan kata sambutan dari Bagus Danial Hermawan selaku ketua Klub Istimewa Teknik Perminyakan UNEJ serta kata sambutan dari Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T selaku Ketua Program Studi Teknik Perminyakan UNEJ.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. dan dipandu oleh Muhammad Ananda Pahlevi selaku moderator untuk acara ini. Di mana beliau menyampaikan teknis dan bagaimana cara untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dan setelahnya dilanjutkan pemaparan materi kedua terkait Kerja Praktek yang disampaikan oleh Ibu Eriska Eklezia Dwi Saputri, S.T., M.T. Dalam acara ini, beliau menyampaikan teknis dan SOP Kerja Praktek bagi mahasiswa Teknik Perminyakan UNEJ yang akan melaksanakan Kerja Praktek nantinya. Beliau juga sedikit menambahkan terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Teknik Perminyakan UNEJ yang baru bisa berpartisipasi dalam program tersebut pada tahun depan. Setelahnya adalah penyampaian materi ketiga sekaligus materi terakhir yang disampaikan oleh Bapak Welayaturromadhona, S.Si., M.Sc. Yang mana beliau menjelaskan terkait akreditasi Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember kedepannya yang masih memerlukan proses panjang untuk memperoleh akreditasi terbaik. Beliau juga sedikit berbagi pengalamannya ketika mencari tempat Kerja Praktek serta tak lupa memberikan sedikit tips dan trik nya.

Setelah penyampaian tiap materi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab antara dosen dan mahasiswa Teknik Perminyakan UNEJ. Banyak pertanyaan yang diajukan dari mahasiswa dan keseluruhan pertanyaan tersebut juga terjawab semua oleh Dosen. Setelah sesi diskusi/tanya jawab selesai, maka berakhirlah acara Sharing and Discussion of Petroleum 2021. Sebelum acara ini berakhir, tak lupa diadakan sesi dokumentasi berupa foto bersama untuk mengabadikan acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *