Oleh : I.S

Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-76, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember kembali melaksanakan PetroTalk 2021 dengan judul “ONSHORE (Online Sharing of Petroleum) Vol 2” secara daring via video conference Zoom. Acara ini merupakan agenda rutin setiap awal semester sebelum perkuliahan dimulai yang diadakan oleh Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Acara ini juga sekaligus menjadi ajang perkenalan bagi mahasiswa baru Teknik Perminyakan Universitas Jember angkatan 2021 yang telah dinyatakan melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, SBMPTBR dan UM-UNEJ yang tentunya dengan tingkat keketatan cukup tinggi.

Acara PetroTalk 2021 ini diikuti oleh seluruh civitas akademika Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember yang terdiri dari seluruh mahasiswa (angkatan 2019, angkatan 2020 dan angkatan 2021) dan dosen. Di samping itu, acara PetroTalk 2021 ini bertujuan sebagai wadah bagi Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember untuk meningkatkan kebersamaan dan mempererat rasa kekeluargaan di lingkungan Program Studi Teknik Perminyakan, khususnya antara dosen dan mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember. Apalagi sudah beberapa semester ini belum ada agenda tatap muka secara langsung karena terdampak pandemi.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember, Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa selama Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember berdiri, sebaran mahasiswa tidak hanya terpaku di wilayah Jawa Timur namun beberapa juga berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Ini menunjukkan bahwa Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember sudah dikenal oleh masyarakat luas, meski terbilang baru berdirinya dan merupakan satu – satunya Program Studi Sarjana Teknik Perminyakan di wilayah Jawa Timur.

Acara PetroTalk kali ini juga menyampaikan terkait pengenalan dan gambaran berkuliah di Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember, khususnya kepada mahasiswa baru Teknik Perminyakan Universitas Jember angkatan 2021. Kemudian setelahnya, dilanjutkan dengan sarasehan antar dosen dan mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember. Dalam sarasehan ini dimanfaatkan mahasiswa Teknik Perminyakan untuk bertanya kepada dosen – dosen terkait kurikulum perkuliahan dan program kerja praktik. Momen ini juga dimanfaatkan dosen Teknik Perminyakan untuk berkenalan dengan mahasiswa, terkhususnya mahasiswa baru Teknik Perminyakan angkatan 2021.

Kemudian terdapat pula, pengumuman mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember yang memiliki prestasi dan mahasiswa yang meraih 3 terbaik peraih IP semester tertinggi (angkatan 2019 dan angkatan 2020). Ada juga ice breaking yang tentunya cukup menghibur. Dan terakhir ada sosialisasi terkait organisasi yang berada di bawah naungan Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember, yaitu Klub Istimewa Teknik Perminyakan UNEJ dan IATMI – SM UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *