Bertepat pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember menyelenggarakan Webinar dengan tema “Produksi Migas di Indonesia – Tinjauan Teori dan Kasus Lapangan”. Webinar ini merupakan serangkaian DISTRO UNEJ Webinar Series dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-3 Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Webinar ini juga adalah webinar pembuka dalam DISTRO UNEJ Webinar Series yang diadakan oleh Teknik Perminyakan Universitas Jember.

DISTRO UNEJ Webinar Series #1 ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dimana webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember, Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember beserta jajaran dosen Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Webinar ini dibuka dengan mendengar kata sambutan Bapak Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. dengan dipandu oleh M. Farel Devfara (Mahasiswa Teknik Perminyakan) selaku MC. Dan dalam webinar ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember serta peserta webinar yang juga berasal dari kalangan mahasiswa dan akademisi yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Pada DISTRO UNEJ Webinar Series #1 ini mengundang Bapak Dr. Iskandar Fahmi, M.T. selaku pembicara dalam webinar ini dan dipandu oleh Bapak Hadziqul Abror, S.Si, M.T. selaku moderator. Bapak Dr. Iskandar Fahmi, M.T. sendiri merupakan Deputi Badan Perencanaan Pengelolaan Migas Aceh (BPMA). Dalam kesempatan kali ini, Bapak Dr. Iskandar Fahmi, M.T. menyampaikan materi dengan tema “Produksi Migas di Indonesia – Tinjauan Teori dan Kasus Lapangan”. Dimana beliau menyampaikan beberapa outline, yakni introduction mengenai Teknik Produksi, Fluid Properties, Inflow Performance Relationship (IPR), Tubing Performance Relationship (TPR), Nodal Analysis beserta Workflow nya, dan pengangkatan buatan berupa gas lift.

DISTRO UNEJ Webinar Series #1 ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan oleh pembicara. Dan Sebelum diakhiri, dilakukan sesi dokumentasi acara dan kemudian dilanjutkan dengan menginformasikan Webinar Series DISTRO UNEJ yang akan datang kepada peserta. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *