Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember pada Jumat, 12 November 2021 kembali menyelenggarakan DISTRO UNEJ “2021” Webinar Series #2 dengan tema “Artificial Intelligence & Big Data Application in Oil & Gas”. Webinar ini merupakan webinar kedua dalam serangkaian DISTRO UNEJ “2021” Webinar Series yang diadakan oleh Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember dalam rangka Dies Natalis ke-3.

DISTRO UNEJ Webinar Series #2 ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dan dalam webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember, Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember beserta jajaran dosen Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Webinar ini dibuka dengan mendengar kata sambutan Bapak Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. dengan dipandu oleh Lilo Al Fiqriansyah (Mahasiswa Teknik Perminyakan) selaku MC. Dan dalam webinar ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember serta peserta webinar yang juga berasal dari kalangan mahasiswa dan akademisi yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Pada DISTRO UNEJ Webinar Series #2 ini mengundang Bapak Muhammad Feldy Riza, S.T., M.Sc. sebagai speaker dalam webinar ini dengan dipandu oleh Ibu Riska Laksmita Sari, S.Si., M.T. selaku moderator. Bapak Muhammad Feldy Riza, S.T., M.Sc. sendiri merupakan seorang System Optimization & Analytic Specialist di British Petroleum “BP” Global Subsurface Solution (Jakarta). Dalam kesempatan kali ini, beliau menyampaikan materi dengan tema “Artificial Intelligence & Big Data Application in Oil & Gas”. Beliau menyampaikan bahwa aplikasi Artificial Intelligence dan Big Data pada industri migas sangatlah beperan penting saat ini. Dimana, aplikasi Artificial Intelligence dan Big Data di industri migas memegang peranan penting dalam mengoptimalkan hasil eksplorasi migas, produksi, maintenance kondisi reservoir, manajemen reservoir dan meminimalkan resiko permasalahan yang akan dialami pada suatu sumur migas.

Setelah penyampaian materi dari speaker selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. Para peserta dipersilahkan untuk bertanya melalui kolom chat di Zoom Meeting maupun bertanya langsung (on mic). Dan setelah sesi diskusi dan tanya jawab berakhir, maka dilakukan sesi dokumentasi acara dan kemudian dilanjutkan dengan menginformasikan Webinar Series DISTRO UNEJ yang akan datang kepada peserta. (IS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *