Oleh : W.R

Salah satu dampak merebaknya wabah COVID-19 adalah pada dunia pendidikan. Perkuliahan secara tatap muka dengan terpaksa harus ditiadakan guna mengurangi penyebaran virus yang belum ditemukan vaksinnya ini. Namun demikian aktivitas perkuliahan tidak boleh dihentikan. Perkuliahan secara daring adalah solusinya.

Sebenarnya sebelum wabah COVID-19 ini muncul, mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perkuliahan daring ini. Pasalnya, dalam kondisi normal pun sebanyak-banyaknya ada tiga pertemuan perkuliahan yang dilakukan secara daring. Ini adalah fasilitas yang diberikan oleh Universitas Jember. Sistem informasi yang dikembangkan oleh Universitas Jember telah mampu memberikan akses bagi sivitas akademika di lingkungan Universitas Jember untuk melakukan kuliah daring. Sehingga tanpa perlu mengunduh aplikasi-aplikasi online meeting yang sangat popular saat ini (seperti Zoom, google meet, skype, dan lain sebagainya), para dosen dan mahasiswa sudah bisa melakukan perkuliahan daring menggunakan sistem yang telah dikembangkan oleh pihak kampus Universitas Jember. Oleh karena itu, mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember sudah terbiasa jikalau perkuliahan dilakukan secara daring.

SISTER (sistem informasi terpadu) adalah sistem informasi Universitas Jember yang berkaitan dengan masalah perkuliahan. Penggunaan SISTER untuk kegiatan belajar mengajar secara online, dosen dan mahasiswa bisa memanfaatkan fitur e-learning dengan alamat web https://e-learning.unej.ac.id untuk mengunggah maupun mengunduh materi perkuliahan, tugas, kuis, nilai, serta mengetahui jadwal perkuliahan, memonitor perkembangan mahasiswa dan lainnya. Fakultas Teknik juga menyediakan komputer berjumlah 25 buah yang diletakkan pada setiap kelas guna menunjang e-learning. SISTER yang berisikan e-learning ini juga dapat diakses melalui smartphone atau tablet dengan mengunduh aplikasi di appstore maupun playstore. Di dalam SISTER ini juga difasilitasi menu video conference sehingga perkuliahan bisa dilakukan dengan cara tatap muka secara online.

Selain perkuliahan, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujan Akhir Semester (UAS) juga mau tidak mau harus dilakukan secara daring. Biasanya dosen akan memberikan laman soal secara online dan mahasiswa diberikan batasan waktu untuk mengerjakannya. Mirip dengan sistem online CAT BKN. Aktivitas ujian ini pun juga dilakukan dengan memanfaatkan menu kuis di fitur e-learning atau juga menggunakan aplikasi lain diluar sistem informasi yang dikembangkan oleh Universitas Jember. Meskipun dilakukan secara daring, namun kualitas jawaban ujian tetap terjamin. Hal ini karena dosen telah merancang sebaik mungkin agar soal yang diberikan bisa diselesaikan secara mandiri tanpa ada waktu sedikitpun untuk mahasiswa bisa berbuat curang.

Selama wabah COVID-19 ini, mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember juga memiliki kesempatan untuk mengikuti kuliah-kuliah online yang diselenggarakan oleh pihak-pihak lain. Contohnya adalah IATMI (Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia). IATMI sering sekali memberikan kuliah online secara gratis untuk mahasiswa melalui aplikasi Zoom dan streaming dari akun youtube IATMI Training. Oleh karena itu meskipun berada di rumah, mahasiswa tetap bisa aktif dan produktif belajar serta tetap update ilmu-ilmu terkini yang sedang berkembang pada era saat ini.