Telah Resmi Didirikan Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (SM-IATMI) UNEJ

Oleh : W.R

Ikatan Ahli Teknik Perminyakan (IATMI) merupakan organisasi social non-profit yang didirikan oleh sekelompok professional Indonesia yang bekerja di bidang industri perminyakan dan panas bumi. Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia atau disingkat IATMI-SM merupakan bagian dari kepengurusan IATMI seperti yang termuat dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IATMI. Seksi Mahasiswa (IATMI-SM) merupakan salah satu misi yang diusung oleh IATMI pusat dalam rangka pengembangan profesionalisme di bidang perminyakan. Tertanggal 3 Agustus 2020 di Jakarta oleh Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia John Hisar Simamora telah disahkan pendirian IATMI-SM UNEJ dan telah dilakukan pengukuhan kepengurusan IATMI-SM Universitas Jember melalui surat Keputusan Ketua Umum IATMI Nomor 015/SK/IATMI/SM/VIII/2020.

IATMI-SM Universitas Jember merupakan organisasi kemahasiswaan yang saat ini berada di bawah Fakultas Teknik Universitas Jember yang dibentuk oleh mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember dalam rangka mendukung pengembangan mahasiswa terkait dunia kerja di bidang minyak, gas dan panas bumi. Saat ini pengurus IATMI-SM UNEJ berasal dari mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember. Namun demikian kedepan IATMI-SM UNEJ ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Jember. Ini berarti bahwa anggota Seksi Mahasiswa ini tidak hanya mahasiswa Teknik Perminyakan saja. Namun para mahasiswa yang tertarik mempelajari ilmu di bidang minyak, gas dan panas bumi boleh bergabung untuk menjadi anggota IATMI-SM ini seperti mahasiswa Teknik Kimia, Teknik Mesin ataupun mahasiswa dari Fakultas MIPA.

Setelah berdiri, tentu tugas berikutnya adalah bagaimana IATMI-SM UNEJ mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Beberapa kegiatan/program kerja yang sering dilakukan adalah seperti mengadakan Kuliah Tamu dengan mengundang para pakar dari perusahaan/institusi lain, adanya pelatihan-pelatihan untuk mahasiswa, diskusi bersama tentang ilmu-ilmu perminyakan, field trip dan lain sebagainya. Selain itu juga biasanya akan banyak sekali perlombaan-perlombaan yang digelar oleh IATMI-SM dari kampus-kampus lain sehingga dengan adanya IATMI-SM ini bisa dijadikan wadah untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Dengan menjadi anggota resmi IATMI-SM maka beberapa keuntungan bisa diperoleh. Salah satunya adalah para mahasiswa bisa mengkuti atau menjadi peserta dalam pelatihan-pelatihan yang biasa diselenggarakan oleh IATMI pusat.

IATMI-SM Universitas Jember ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk para mahasiswa di lingkungan Universitas Jember untuk memperdalam ilmu-ilmu tentang minyak, gas dan panas bumi serta menjadi sarana untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan keorganisasian sehingga mereka bisa melatih jiwa kepemimpinan dan organisasi melalui Seksi Mahasiswa ini. Selain itu mereka bisa saling mengenal dengan IATMI-SM dari kampus-kampus lain sehingga bisa menambah jaringan yang mungkin nantinya setelah lulus bisa membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

SK Kepengurusan : http://perminyakan.teknik.unej.ac.id/wp-content/uploads/sites/14/2020/09/SK-015-Pembentukan-IATMI-SM-UNEJ.pdf