Pada Sabtu, 20 November 2021, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember kembali menyelenggarakan DISTRO UNEJ “2021” Webinar Series #3 dengan mengangkata tema “Understanding the Physics on Low Salinity Waterflooding”. Webinar ini merupakan webinar ketiga dalam serangkaian DISTRO UNEJ “2021” Webinar Series yang diadakan oleh Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-3.

DISTRO UNEJ Webinar Series #3 ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam webinar ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Jember beserta jajaran dosen Prodi Teknik Perminyakan Universitas Jember. Webinar ini dibuka dengan mendengar kata sambutan Bapak Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. dengan dipandu oleh Fifi Izzati (Mahasiswa Teknik Perminyakan) selaku MC. Dan webinar ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember serta peserta webinar yang juga berasal dari kalangan mahasiswa dan akademisi yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Pada DISTRO UNEJ Webinar Series #3 ini mengundang Bapak Fahrizal Hakiki, Ph.D. sebagai speaker dalam webinar ini dengan dipandu oleh Ibu Eriska Eklezia Dwi Saputri, S.T., M.T. selaku moderator. Bapak Fahrizal Hakiki, Ph.D. sendiri merupakan lulusan Post Doctoral King Abdullah University of Science of Technology, Saudi Arabia. Dalam kesempatan kali ini, beliau menyampaikan materi dengan tema “Understanding the Physics on Low Salinity Waterflooding”. Beliau menyampaikan beberapa outline, yakni review terkait petrophysics, perbedaan antara IOR dan EOR, cara memilih metode EOR, jenis – jenis EOR dan mekanismenya, mengapa kita memilih EOR Low Salinity method, mekanisme EOR Low Salinity method dan dampaknay terhadapa pencapaian oil recovery. Beliau juga menambahkan bahwa EOR dengan Low Salinity method merupakan EOR dengan cost termurah karena hanya menggunakan air saja, namun dapat memberikan pencapaian oil recovery yang setara dengan EOR dengan injeksi fluida (surfaktan) lainnya.

Setelah penyampaian materi dari speaker selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. Para peserta dipersilahkan untuk bertanya melalui kolom chat di Zoom Meeting maupun bertanya langsung (on mic). Dan setelah sesi diskusi dan tanya jawab berakhir, maka dilakukan sesi dokumentasi acara dan kemudian dilanjutkan dengan menginformasikan Webinar Series DISTRO UNEJ yang akan datang kepada peserta. (IS)