Pelatihan Software Interactive Petrophysics: Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Teknik Perminyakan UNEJ terkait software di Industri MIGAS

Dalam rangka mengembangkan pengetahuan software yang biasanya digunakan dalam industri migas, Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “CAKRA” Universitas Jember menyelenggarakan pelatihan software Interactive Petrophysics. Interactive Petrophysics sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk menginterpretasi data yang diperoleh dari hasil well log secara akurat dan efektif. Dengan menggunakan Interactive Petrophysics dapat memudahkan kita dalam memaksimalkan pendekatan dari hasil data well log yang telah diperoleh. Dari software Interactive Petrophysics ini juga dapat dilakukan berbagai interpretasi seperti penentuan litologi suatu batuan, penentuan volume shale, penentuan porositas batuan dan Rw serta analisa multi well dan multi zone.

Pelatihan software Interactive Petrophysics ini diikuti oleh Mahasiswa/i Teknik Perminyakan Universitas Jember dengan mengundang narasumber, yaitu Bapak Yana Hendrayana, S.Si. yang merupakan Senior Petrophysicist di Medco E&P Indonesia. Materi yang beliau sampaikan dalam pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pemaparan terkait Basic Well Log Interpretation dan sesi Exercise Well Log Interpretation Using Software IP. Dan setelah pemaparan kedua sesi materi selesai, barulah diadakan diskusi dan tanya jawab terkait materi yang telah dipaparkan.

Pelatihan software Interactive Petrophysics diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan software yang ada di industri migas, serta mampu meningkatkan kompetensi dan kemampuan mahasiswa Teknik Perminyakan Universitas Jember agar menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mampu bersaing dengan lulusan Universitas lain di dunia kerja kelak. (IS).